Ketahui Masa Tidak Subur Wanita Supaya Tidak Hamil Setelah Berhubungan

Menghitung Masa Subur Wanita dengan Metode Lain

MASA TIDAK SUBUR WANITA – Sebagai seseorang wanita yang telah berpasangan, selain mengetahui masa subur wanita, mungkin Anda juga butuh untuk tahu kapan masa tidak subur wanita supaya tak hamil. Untuk apa? Nah, untuk Anda yang mungkin saja belum siap untuk miliki anak setelah menikah atau tak ingin memberi momongan, pada saat tidak subur ini Anda supaya bisa tetaplah terkait dengan suami tanpa ada butuh kuatir takut hamil.

Kenapa masa tidak subur wanita perlu untuk diketahui? Ketika ketika ovulasi atau masa subur wanita, ketika Anda melakukan hubungan dengan pasangan Anda jadi persentase berlangsung pembuahan sel telur bakal tinggi. Oleh sebab itu untuk pasangan suami istri yang menginginkan selekasnya memiliki keturunan, biasanya mereka senantiasa mencari hari yang ideal di waktu masa subur wanita. (Baca juga: Cara Membuat Anak)

Demikian halnya demikian sebaliknya. Pada masa tidak subur wanita, peluang berlangsungnya pembuahan pada sel telur begitu kecil. Nah, untuk tahu kapan masa tidak subur wanita silakan baca artikel ini sedetailnya.

Masa Tidak Subur Wanita Bisa Dihitung Waktunya

Biasanya, ketika subur seorang wanita terdiri jadi dua type, yakni di kala subur biasa serta puncak masa subur wanita. Biasanya pada puncak saat subur persentase kemungkinan hamil sesudah berhubungan dengan pasangan begitu tinggi. Disamping itu puncak ketika subur biasanya berlangsung sekitaran 12 hari setelah haid pertama.

Perhitungan masa tidak subur wanita
©dedaunan.com

Jadi rumus puncak dikala subur yakni hari pertama haid + 12 hari. Sedang untuk saat subur awam wanita umumnya berlangsung pada tiga hari sebelumnya serta tiga hari sesudah puncak di kala subur. Lalu 2 hari sebelumnya serta 3 hari sesudah saat subur terkadang termasuk juga ketika subur. Silakan teliti gambar diatas untuk ilustrasinya.

Untuk lebih mudahnya kami bakal memberi figur masalah untuk mempertimbangkan ketika subur serta ketika tak subur wanita supaya tidak hamil sesudah terkait. Contohnya hari pertama haid yaitu tanggal 8. Jadi di kala puncak ketika subur wanita bakal berlangsung pada tanggal 20.

Sedang ketika subur wanita awam bakal berlangsung mulai sejak tanggal 17 hingga tanggal 23. Sedang saat tidak suburnya yakni sekitaran 19 hari sesudah haid pertama, bermakna dalam contoh ini di kala tak subur ialah mulai tanggal 27 hingga ketika haid berikutnya. Serta pada tanggal hal yang demikian yang mungkin saja dapat Anda gunakan untuk berkaitan supaya tidak berlangsung kehamilan.

  • H = tanggal pertama haid
  • H+9 hingga
  • H+15 = di kala subur
  • H+12 = tanggal puncak subur
  • H+19 = mulai di kala tidak subur

Walau demikian model penghitungan tadi adalah contoh penghitungan pada masa subur wanita untuk siklus haid yang teratur. Sedang untuk wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, kelihatannya Anda semestinya mengkalkulasi di kala subur melalui metode yang cukup sulit.

Untuk tahu masa tidak subur wanita agar tak hamil serta kapan di kala suburnya untuk wanita yang mempunyai siklus haid tidak teratur, jadi sedikitnya Anda mesti mencatat siklus haid paling akhir Anda sejumlah 6 bulan. paling akhir. Kemudian cari siklus haid dengan hari paling lama. Bila sudah diketemukan berapakah lama siklus terpanjang yang pernah berlangsung, kurangi dengan 11. Serta tersebut di kala subur paling akhir pada ketika haid itu. Sedang untuk siklus terpendek, kurangkan jumlahnya dengan 18.

Model penghitungan ketika tidak subur untuk wanita dengan haid tidak teratur, seumpama siklus terpanjang merupakan 30 serta siklus terpendek adalah 18. Jadi langkah mengkalkulasi ketika suburnya yakni 30 -11 = 19 serta 24 – 18 = 6. Jadi diprediksikan siklus ketika subur Anda berlangsung pada 6 – 19 hari setelah haid pertama.

Menghitung Masa Subur Wanita dengan Metode Lain

Menghitung Masa Subur Wanita dengan Metode Lain
©pondokibu.com

Jikalau Anda masih bingung kapankah masa tak subur pada wanita, ada sistem lain yang lebih gampang yang dapat Anda lakukan untuk menghitung kapan masa subur Anda. Akan tapi yang perlu Anda amati adalah, terkadang bukan berarti jikalau Anda melakukan relasi di luar masa subur wanita, Anda bisa tidak hamil.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada masa subur wanita ialah masa di mana waktu pembuahan yang terbaik di dalam rahim wanita. Jadi sesungguhnya ketika Anda mengira masa tak subur wanita supaya tak hamil, pada masa tersebut masih mungkin terjadi kehamilan. Hal ini dikarenakan sperma yang dalam situasi prima akan dapat bertahan hingga tujuh hari. Untuk mengenal metode lain menetapkan masa subur wanita dan masa tak subur wanita sesudah haid adalah sebagai berikut.

Metode pertama yakni dengan mengaplikasikan alat tes masa subur wanita. Untuk mendapatkannya Anda bisa membeli di toko obat terdekat. Nah, dengan alat ini Anda dapat mendeteksi kapan masa subur Anda dengan memakai air seni. Tingkat keakuratan deteksi masa subur wanita dengan alat tes ini menempuh 95 persen. Cukup cermat, bukan?

Kemudian dapat juga menerapkan metode manual tanpa alat deteksi. Anda bisa memakai jari-jari Anda untuk memeriksa lendir di leher rahim Anda. Coba rekatkan jari telunjuk dan ibu jari Anda yang telah diolesi lendir leher rahimnya. Renggangkan dengan jarak antara 2-3 cm. Bila lendirnya terputus pada jarak tersebut, karenanya bisa dipastikan bahwa Anda sedang tak dalam masa subur. Meski sekiranya tak terputus, karenanya kemungkinan Anda sedang berada pada masa subur. Tingkat keakuratannya memang lebih rendah daripada memakai alat tes, merupakan hanya berkisar 60-70 persen saja.

Nah, jadi seandainya Anda berkeinginan mengenal masa tidak subur wanita agar tak hamil, yang harus Anda lakukan adalah sebagian cara di atas. Tujuannya tentu untuk meminimalisir terjadinya kehamilan setelah melaksanakan hubungan dengan pasangan Anda. Akan tetapi bukan berarti Anda 100 persen akan tak hamil. Yang ini dikarenakan meskipun Anda sedang berada dalam keadaan yang tidak subur, Anda tetap berpeluang untuk hamil.

Cara Supaya Wanita Tidak Mengalami Kehamilan

Cara Supaya Wanita Tidak Mengalami Kehamilan
©hellosehat.com

Kalau Anda masih menginginkan metode yang lebih aman lagi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan dengan pasangan Anda, ada sebagian kiat lainnya yang akan kami sampaikan. Sedangkan pertama tentunya yakni dengan sistem tak menjalankan hubungan dengan pasangan Anda. Betul, kan? Akan tetapi jika Anda memang berharap melaksanakan relasi dengan pasangan Anda, lakukanlah tanpa penetrasi.

Beberapa sistem hal yang demikian merupakan salah satu metode untuk memuaskan pasangan Anda, akan melainkan masih ada banyak cara untuk memuaskan pasangan Anda tanpa melakukan penetrasi. Atau Anda juga bisa menggunakan kontrasepsi seperti kondom misalnya yang adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling tepat sasaran dipakai untuk menghindari kehamilan.

Nah, sesudah Anda membaca penjelasan tadi, semoga Anda tak lagi menanyakan situasi sulit kapankah masa tidak subur pada wanita. cara menghitung masa subur wanita dan juga sistem mengenal masa tak subur wanita sesudah haid yang tadi telah kami jelaskan, cukup gampang dipahami dan Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Semoga isu dan tips yang tadi kami berikan dapat berkhasiat bagi Anda. Sekian tulisan seputar penjelasan masa tak subur wanita agar tak hamil.

Tanda Masa Tidak Subur Wanita untuk Mencegah Kehamilan

Tanda Masa Tidak Subur Wanita untuk Mencegah Kehamilan
©cintaihidup.com

Masa Subur Alami atau Ovulasi yakni progres pelepasan sel telor yang sudah matang dari indung telur menuju tuba Falopi. Bila ketika Puncak masa subur wanita ini se telor dibuahi sel air mani, maka kemungkinan untuk hamil amat besar terjadi. Sehingga bagi pelaku KB Natural (dengan menghitung siklus menstruasi), puncak masa subur ini wajib dihindari dengan tujuan mencegah kehamilan.

Adapun 10 tanda-tanda wanita tidak dalam masa subur merupakan sebagai berikut:

  • Puncak Masa Subur Natural bisa diketahui Menggunakan rumus menghitung masa subur wanita. Bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur, puncak masa subur wanita terjadi pada hari ke-14 sebelum hari pertama siklus menstruasi bulan selanjutnya. Jadi masa tidak subur wanita merupakan sekitar 7 hari sesudah haid selesai dan 7 hari sebelum haid dimulai.
  • Lendir Mukosa yang dibuat dari organ intim wanita encer. Sebab ini bisa diketahui dengan meletakan lendir di antara ibu jari dan telunjuk, lalu meregangkan kedua jari tersebut. Apabila lendir mudah terputus, karenanya anda tak dalam masa subur.
  • Temperatur basal tubuh normal atau tak ada kenaikan. Saat mendekati puncak masa subur wanita, temperatur tubuh akan meningkat antara 0,4-1 36-37°C. Kenaikan temperatur basal tubuh tersebut, terjadi ketika indung telor melepas sel telor yang sudah matang, sebab dampak hormon progesteron pada organ reproduksi wanita. Masa tak subur wanita ialah selain 2-3 hari sebelum temperatur basal tubuh mengalami kenaikan tertinggi.
  • Jika disentuh Mulut rahim terasa rendah, keras dan tidak berlendir.
  • Natural yang tak dalam masa subur wanita umumnya memiliki mood yang tinggi dan lebih sabar.
  • Payudara wanita keras, tak terasa sembab, dan tidak terlalu peka saat disentuh.
  • Asa seksual tidak sedang meningkat. Karena bila asa seksual meningkat, dapat jadi itu merupakan pedoman anda sedang dalam puncak masa subur. Sebab tersebut sebab Adanya perubahan kadar hormon, sebagai komponen dari progres terjadinya kehamilan.
  • Sebab ketika Dikala ovulasi, meningkatnya kadar hormon reproduksi di dalam tubuh, juga akan memberi pengaruh organ-organ reproduksi lainnya. Ketika mendekati masa subur wanita, pembuluh darah disekitar alat kelamin menjadi terisi penuh oleh darah. Karena hal yang demikian memicu bibir dalam dan bibir luar organ intim wanita lebih besar dan lebih peka dari biasanya. Sehingga wanita yang tidak dalam masa subur mempunyai bibir kelamin lebih sempit.
  • Inti anda mempunyai petunjuk-pertanda hal yang demikian diatas, maka anda dapat lebih hening dalam terkait badan. Tanda memang sistem diatas mempunyai tingkat keefektifan yang benar-benar rendah. Dan agar lebih efektif, cara ini bisa dikombinasikan dengan penerapan kondom sebagai pengaman.

Ringkasan:

  • Masa Subur wanita secara alami yaitu cara kerja pelepasan sel telor yang telah matang untuk siap dibuahi oleh air mani,
  • Puncak masa subur wanita yang Alami dengan siklus menstruasi teratur terjadi pada ke-14 sebelum siklus haid bulan depan,
  • Masa Subur wanita perlu diketahui untuk mencegah terjadinya ovulasi sebagai program KB Natural.

Itulah tanda masa tidak subur wanita dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Tapi jika Anda berniat hamil, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan agar cepat hamil yang direkomendasikan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *