Kaki Bengkak Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kaki Bengkak Saat Hamil Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

KAKI BENGKAK SAAT HAMIL – Apakah saat ini Bunda sedang menjelang umur kehamilan di atas 28 pekan dan mulai mengalami pembengkakan pada kaki? Tenang, tidak usah panik.

Kaki bengkak saat hamil dialami oleh hampir 75% wanita, dan kerap kali disebut dengan edema atau oedema yang artinya penimbunan cairan. Masalah ini dapat terjadi pada bagian tubuh yang lain, penimbunan cairan yang menyebabkan pembengkakan paling kerap dialami pada kaki.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil
©henikustarini.wordpress.com

Ketika sedang tak hamil, volume air yang masuk ke dalam tubuh, kurang lebih sama banyaknya dengan volume yang dikeluarkan. Kalau volume air berlebihan, tubuh otomatis akan mengeluarkan air dalam format keringat, air kecil dan air besar. Perubahan metabolisme tubuh di kala hamil, terlebih pada keseimbangan volume cairan tubuh menjadi menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kaki.

Selain kelebihan cairan, kaki bengkak saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Terlalu banyak diam seperti duduk

Hal ini terjadi sebab terganggunya peredaran pembuluh darah balik dan meningkatnya tekanan pada kedua kaki sebab berat ibu yang kian bertambah. Gangguan peredaran ini terjadi karena uterus/rahim yang membesar menekan pembuluh darah yang ada di zona panggul ketika Ibu sedang duduk atau berdiri dan menekan pembuluh darah di kala posisi meringkuk terlentang.

Peredaran darah tidak lancar

Kelebihan cairan ditambah dengan kurangnya kesibukan lahiriah di kala hamil dapat menyebabkan pembuluh darah balik yang ada di kaki menjadi tersumbat. Hal ini juga mengganggu aliran darah ke jantung. Kecuali itu, ukuran Rahim yang kian besar juga menekan dan menghambat aliran darah dari pembuluh darah di kaki.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil
©liputan6.com

Berikut ini adalah cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang perlu dilakukan oleh ibu-ibu.

Ibu hamil Jangan Kerap Berdiri

Berdiri akan menyebabkan kaki menjadi semakin bengkak, oleh sebab ketika ibu hamil sedang berdiri, maka kaki akan menumpu berat badan ibu yang sedang hamil secara berlebihan. Jadi kian lama semakin berdiri, karenanya beban kaki akan kian berat untuk membendung berat badan dari ibu hamil tersebut.

Ibu hamil banyak Gerak

Kaki bengkak saat hamil  diatasi dengan dianjurkan banyak bergerak pada ketika pagi hari. Selain untuk memudahkan proses bersalin, dan juga jalan kaki di saat pagi hari banyak manfaatnya, salah satunya yaitu untuk meminimalkan terjadinya kaki bengkak saat hamil. Metode banyak gerak ini juga dapat melancarkan sirkulasi darah pada bagian kaki ibu hamil.

Baca juga: Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah Dan Akurat

Meninggikan Posisi Kaki

Ibu hamil dengan kaki bengkak serta cara menuntaskannya adalah dengan posisi tidur ibu yang bagus di ketika hamil, ialah dengan posisi kaki di tinggikan dari pada badannya. Jadi di dikala sedang tidur maka angkat dan sandarkan pada tembok. Bila ini bisa bermanfaat untuk melancarkan aliran darah yang ada di kaki.

Alas Kaki yang Nyaman

Kalau ibu hamil menggunakan alas kaki yang sempit, maka hal itu bisa membikin parah pada peredaran darah di kaki. Jika sirkulasi darah terganggu karenanya kaki bengkak saat hamil akan semakin parah. Untuk itu sebaiknya ibu hamil mengenakan alas kaki cocok ukuran kakinya.

Banyak Minum Air Putih

Solusi kaki bengkak saat hamil buat bunda selanjutnya adalah dengan banyak minum air putih. Banyak mengonsumsi air putih betul-betul bagus untuk ibu hamil. Memiliki manfaat melancarkan cairan yang tertimbun pada komponen kaki.

Hindari Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil selanjutnya ialah dengan mengurangi makan makanan yang asin-asin karena dapat menyebabkan pembengkakan di kaki kian parah. Garam yang berlebihan tidak diperkenankan pada seorang ibu hamil, karena bisa menimbun cairan yang lebih banyak pada bagian kaki ibu hamil.

Angkat Kaki Serta Tungkai Agak Tinggi Sewaktu Duduk

Mengangkat tungkai dan kaki berguna untuk menghindari tersumbatnya aliran darah di tempat kaki. Aliran darah di kaki yang tersumbat dapat menyebabkan kaki bengkak saat hamil dan menjadi semakin parah.

Hindari Menyilang pada Kaki

Menyilangkan kaki bisa menyebabkan aliran darah di kaki akan menjadi kian tersumbat. Pembengkakan kakipun akan menjadi kian parah dengan demikian aliran darah akan terganggu.

Tidur dengan Posisi Miring

Ibu hamil dengan kaki bengkak serta metode menyelesaikannya seperti di ketika Ibu hamil tidur dengan posisi miring ke kiri lebih di anjurkan. Kalau dengan tidur dengan posisi miring ke kiri kecuali tidak menekan pada aorta di ibu juga dapat membuat aliran darah dari kaki menuju ke ginjal menjadi semakin lancar. Kecuali aliran darah menjadi lancar, karenanya kaki bengkak saat hamil dapat teratasi.

Olahraga

Ibu hamil dengan kaki bengkak serta metode mengatasinya seperti Olahraga/senam hamil yang rutin dapat memecahkan berbagai macam keluhan dan gangguan ibu hamil. Metode itu olahraga juga dapat melancarkan persalinan. Hindari olahraga yang berat sebaiknya ibu hamil memilih olahraga yang ringan.

Jangan Sebab Celana yang Ketat

Celana yang ketat tidak baik untuk pertumbuhan janin. Celana ketat juga dapat membuat aliran darah akan menjadi tersumbat. Dengan demikian menyebabkan kaki menjadi bertambah bengkak sebab aliran darahnya terganggu.

Stocking yang Khusus

Stocking yang Khusus
©theasianparent.com

Stocking khusus dapat menyelesaikan masalah pembengkakan pada kaki. Dikala stocking yang dirancang khusus bisa membikin aliran darah pada bagian kaki menjadi semakin lancar. Menggunakan yang bisa mengurangi kaki bengkak saat hamil yakni aliran darah yang lancar. Seandainya stocking ini di jual di toko kelengkapan ibu dan bayi.

Mengompres Kaki dengan Air Dingin

Air dingin bisa bermanfaat untuk meredakan kaki yang bengkak, caranya Campurkan air awam dengan air es
kemudian masukkan handuk bersih ke dalam air hal yang demikian di peras dan di kompreskan kaki yang bengkak dengan memakai handuk basah hal yang demikian lebih kurang 15-20.

Pijatan Halus Dan Lembut

Ibu hamil dengan kaki bengkak serta cara menyelesaikannya termasuk pemijatan yang halus di kaki dapat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah di kaki hal yang demikian. Ibu hamil dapat mengerjakan pemijatan sendiri di komponen tungkai kakinya agar melancarkan aliran darah di kaki yang bengkak.

Mengganjal Kaki Dengan Bantal

Apabila ibu hamil tidur tengadah lebih bagus mengganjal kakinya menggunakan bantal. Bila hal itu dapat membuat posisi kaki menjadi lebih tinggi daripada posisi badan. dengan demikian aliran darah dari kaki menuju jantung atau ginjal akan menjadi lebih lancar. Aliran darah lancar bisa menyelesaikan bengkak pada kaki sehingga ukuran bengkak di kaki pun menjadi lebih kecil dibanding dengan ukuran bengkak kaki yang sebelumnya.

Sembab kalau pembengkakan di kaki tak kunjung sembuh atau malahan kian memburuk, karenanya seketika konsultasikan dengan dokter.

Kaki bengkak saat hamil perlu diwaspadai, terutamanya jika ditiru dengan gejala-gejala seperti susah bernapas/seseg, sakit kepala yang sungguh-sungguh berat, muntah berlebihan, nyeri hebat pada komponen perut atas, dan di sertai gangguan penglihatan.

Dapat juga gejala tersebut diakibatkan tekanan darah tinggi ketika hamil atau lazim disebut preklamsia dan eklamsia, atau dapat juga sebab keadaan serius lainnya, seperti berikut ini:

  • Adanya Varises
  • Penyakit Diabetes
  • Pembekuan darah
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit paru-paru kronis, seperti bronkitis yang telah lama/kronis, empisema paru, dan penyakit paru obstruktif kronik (COPD)
  • Gagal jantung
  • Penyakit liver
  • Arthritis atau radang sendi
  • Penyakit tiroid
  • Kista atau adanya tumor

Selama hamil, penting bagi ibu untuk selalu menjalankan pemeriksaan rutin pada dokter kandungan dengan maksud agar memantau kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Pemeriksaan rutin ini juga bermanfaat supaya mendeteksi secara dini apabila ada kaki bengkak saat hamil apakah termasuk kondisi yang wajar atau oleh keadaan yang serius lainnya, dengan demikian ibu hamil dapat penanganan yang ideal.

Itulah sekilas pembahasan perihal kaki bengkak saat hamil yang sering dialami oleh ibu-ibu, penyebab dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *