Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah Dan Akurat

Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT

CARA MENGHITUNG USIA KEHAMILAN – Menghitung usia kehamilan calon ibu itu ternyata tidak sesulit yang dibayangkan selama ini. Cara menghitungnya memang sebaiknya dimengerti baik oleh ibu hamil maupun para suami, hal ini bertujuan supaya ibu dan calon ayah bisa merawat serta menjaga kesehatan bayi dalam kandungan yang sedang dikandung.

Mengetahui cara menghitung usia kehamilan penting karena akan beragam perawatan hal positif yang didapatkan, terutama untuk janin maupun sang ibu hamil sehingga dapat memenuhi kebutuhannya dengan lebih mudah. Saat ini cara menghitung usia kehamilan ini sudah beragam tipe, opsi dan cara kian banyak.

Beberapa ada yang mengaplikasikan sistem manual, cara menghitung usia kehamilan dengan menerapkan rumus tertentu, tapi ada juga yang menggunakan software tertentu.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Hitungan Pekan

Cara Menghitung Usia Kehamilan Hitungan Pekan
©jejakimani.com

Sesudah membahas beberapa opsi sistem cara menghitung usia kehamilan, kini mari membahas dari menghitung menurut hitungan minggu. Dengan Anda mengerti umur kehamilan telah berapa pekan, maka Anda akan bisa memberikan yang terbaik untuk calon buah hati. Malahan Anda juga dapat mempersiapkan kamar dan keperluan buah hati tersayang, jadi sekiranya buah hati telah lahir, Anda tidak akan terlalu pusing lagi mencari kebutuhannya.

Cara menghitung usia kehamilan hitungan pekan ini bisa memakai sistem kalender (Calender), ini adalah metode lama dalam cara menghitung usia kehamilan. Apabila Anda memang mau menerapkan cara klasik ini, salah satu prasyarat yang semestinya dipenuhi yaitu Anda seharusnya mengerti mengenai siklus haid Anda sendiri, untuk dasar data rumus perhitungan yang akan diaplikasikan. Baca juga: Ketahui Masa Tidak Subur Wanita Supaya Tidak Hamil Setelah Berhubungan

Rumus Menghitung Usia Kehamilan

Rumus Menghitung Usia Kehamilan
©yudhit52.blogspot.co.id

Cara menghitung usia kehamilan yang pertama bisa memanfaatkan rumus menghitung umur kehamilan, yang cukup mudah dilakukan, tidaklah sulit sama sekali. Perhitungan ini yakni metode perhitungan manual, Anda akan memerlukan beberapa data agar rumus dapat diaplikasikan. HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir merupakan salah satu data yang akan Anda butuhkan untuk memakai rumus manual ini.

Namun memang ada kekurangan dari metode perhitungan ini, yakni rumus ini cuma bisa dimanfaatkan jikalau calon ibu memiliki siklus datang bulan (menstruasi) yang teratur saja, kurang lebih 28 hingga 30 hari. Mari pelajari rumus menghitung umur kehamilan ini kini:

Rumus yang diterapkan ini bernama rumus “Neagele”. Neagele adalah cara menghitung usia kehamilan yang cukup banyak dipakai, hasil perhitungannya malah bisa dibilang cukup cermat. Asumsikan saja HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) Anda dengan huruf “x”, untuk bulan akan dimisalkan dengan huruf “y”, tahun dimisalkan dengan “z”.

Apabila bulan saat Anda menjalani HPHT memiliki angka lebih besar dari 3, Anda gunakanlah rumus ini: (x+7) – (y-3) – (z+1). Tetapi bila bulan dikala Anda menjalani HPHT ternyata kurang dari 3, sebaliknya pakailah rumus ini: (x+7) – (y+9) –(z). Figur aplikasi menghitung umur kehamilan menerapkan rumus Neagele:

HPHT PADA 15 APRIL 2014

(15+7) – (4-3) – (14+1); Jadi hari sangkaan lahir bayi Anda merupakan tanggal 22 Januari 2015 (22/01/2015). Mudah bukan cara menghitung usia kehamilan menggunakan rumus, Neagele?

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Online

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Online
©lagizi.com

Selanjutnya kecuali rumus Neagele, ada alternatif sistem lain. Opsi cara menghitung usia kehamilan ini yakni memanfaatkan software. Anda tak perlu membeli software yang dimaksud, sebab ini hanyalah software aplikasi simpel, dan Anda bisa mendapatkannya secara online.

Tentunya aplikasi yang dimaksud bersifat tidak dipungut bayaran, bahkan Anda tidak perlu register untuk mengaplikasikannya. Anda bisa segera mengaplikasikan software tersebut.

Software atau aplikasi yang digunakan ada yang berupa kalkulator umur kehamilan online dan lingkaran keadaan kehamilan. Melainkan mungkin memang menghitung umur kehamilan menerapkan aplikasi kalkulator umur kehamilan online lebih gampang dan lebih praktis.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT

Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT
©mediskus.com

Rumus perhitungan manual di atas disebutkan bahwa kesemuanya mewajibkan Anda mengerti perihal HPHT. Tapi adakalanya Anda bisa saja lupa berapakah HPHT Anda sendiri, karena itu rumus kalender atau rumus manual tidak bisa diaplikasikan lagi. Melainkan ini bukanlah keadaan sulit besar, karena meski Anda lupa HPHT, masih ada sistem menghitung umur kehamilan yang lainnya, yang juga tidak keok jitu.

Sistem pertama yakni memakai pemeriksaan USG, usia kehamilan dapat dikenal dengan gampang memakai alat berteknologi modern. Cara ini dinamakan USG, dan memang metode menghitung umur kehamilan menerapkan USG direkomendasikan oleh dokter kehamilan jikalau Anda berkeinginan menjalankan proses pemeriksaan kandungan.

Namun yang wajib Anda ingat yaitu bila mau mengerjakan pemeriksaan USG, usia kehamilan semestinya di bawah 12 minggu. Tujuannya tentu saja supaya pemeriksaan USG hal yang demikian dapat memberikan hasil yang lebih jitu, karena memang itulah tujuan Anda menjalankan pemeriksaan kehamilan.

Sistem ini merupakan sistem favorit calon ibu yang lupa akan HPHT nya. Selisih perhitungan umur kehamilan lazimnya optimal satu pekan, tak lebih. Sistem menghitung usia kehamilan memakai USG dapat membantu dalam mengenal umur bayi dalam kandungan dengan sistem mengenali jenis-variasi pedoman kehamilan yang ada.

Contoh dari tanda kehamilan hal yang demikian yaitu pergerakan bayi dalam kandungan, denyut jantung janin, dan fundus uterus. Fundus uteri janin akan terus bertambah tinggi seiring bertambahnya umur janin, tiap-tiap pertambahan bulan.

Dikala umur kehamilan sudah mencapai 6 bulan, maka fundus uteri akan berada setinggi pusat, pada usia 7 bulan fundus uteri akan setinggi 3 jari dari atas pusat, dan pada usia 8 bulan fundus uteri akan berada pada pertengahan pusat dan procesus xifoideus. Anda bisa menemukan rumah sakit yang menyediakan fasilitas USG dengan mudah, sebab memang sistem menghitung umur kehamilan ini senantiasa dibutuhkan.

Demikianlah cara menghitung usia kehamilan secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *