Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil, Mudah dan Akurat

CARA MENGETAHUI MASA SUBUR WANITA – Banyak kaum hawa yang tidak mengetahui secara pasti masa dirinya sedang dalam masa subur atau tidak. Tetapi dengan bantuan alat bantu tes, kesuburan dapat diketahui. Cara mengetahui masa subur wanita di antaranya adalah sebagai berikut:

Cara Mengetahui Masa Subur dengan Alat Tes Medis Air Seni

Cara Mengetahui Masa Subur dengan Alat Tes Medis Air Seni
©viva.co.id

Alat tes kesuburan saat ini tersedia beberapa merek. Jika dilihat secara sekilas, bentuknya menyerupai alat tes kehamilan. Cara mengetahui masa subur dengan alat ini pun cukup mudah, hanya dengan meneteskan air seni, setelah itu ditunggu beberapa saat.

Air seni wanita yang sedang masa subur akan memperlihatkan perubahan signifikan yang dapat dibedakan antara ketika tidak sedang masa subur dan saat subur. Hasil pengujian cara mengetahui masa subur inilah yang kemudian dapat dijadikan tanda kapan dianjurkan berhubungan intim dengan pasangan, dan kapan sebaiknya menghindari berhubungan badan kalau memang tidak menghendaki terjadinya kehamilan.

Efektivitas pengujian cara mengetahui masa subur wanita dengan cara ini cukup tinggi, yakni sekitar 90 hingga 95 persen dan hanya dapat sekali pakai.

Tes Medis Air Liur

Tes Medis Air Liur
©hellosehat.com

Alat yang merupakan salah satu cara mengetahui masa subur ini berupa mikroskop mini yang menyerupai lipstik. Cara menggunakan tes medis air liur ini juga cukup mudah, tempatkan air liur di dalam gelas teropong, lalu diamkan selama lima menit. Nyalakan lampunya, putar-putar lensa ke kiri dan ke kanan sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan tampilan tulang-tulang daun yang saling bersilangan, artinya sedang dalam masa evulasi atau sedang berada di puncak kesuburan.

Kemungkinan untuk mengalami kehamilan sangat tinggi bila melakukan hubungan suami istri saat itu. Untuk mendapatkan gambaran yang bisa diandalkan, air liur yang digunakan sebaiknya air liur pertama yang belum tercampur oleh makanan maupun minuman. Selain itu, sebaiknya tidak dalam keadaan berpuasa, tanpa bola-bola udara, dan produksi secara spontan, yakni tanpa ada pemaksaan.

Baca juga:  Mimisan Pada Anak: Gejala, Pencegahan dan Penanganannya

Alat tes medis cara mengetahui masa subur ini tidak mempunyai efek samping yang merugikan dan pemakaiannya juga sangat praktis. Tingkat keakuratannya sangat tinggi, diklaim hingga 98%.

Cara Mengetahui Masa Subur dengan Sistem Kalender

Cara Mengetahui Masa Subur dengan Sistem Kalender
©tipskesehatankita.com

Cara mengetahui masa subur wanita dengan  sistem kalender adalah dengan menghitung hari haid terakhir kemudian dijumlahkan tiga belas untuk menentukan hari subur, sementara saat pra subur dihitung dengan mengurangi dan menambahkan masing-masing tiga hari. Jadi kita ambil contoh hari terakhir haid pada tanggal 7, saat evulasinya adalah Tanggal 20 (7 + 13). Sementara masa pra subur antara tanggal 17 (17 + 13 – 3) sampai (7 + 13 + 3).

Tetapi walaupun begitu, cara mengetahui masa subur wanita dengan metode ini memiliki kelemahan, di antaranya:

  • Efektivitasnya termasuk rendah, hanya sekitar 60 – 70 persen karena harus dihitung dengan cara manual sehingga memerlukan ketelitian dan kecermatan.
  • Cara perhitungan ini hanya cocoknya untuk mereka yang siklus menstruasinya teratur antara 28 hingga 35 hari.
  • Tidak dapat diandalkan untuk mencegah kehamilan karena pengeluaran sel telur bisa saja bergeser harinya, terutama jika ada gangguan emosi. Belum lagi jika kebiasaan hidup seperti asupan gizi yang kurang terpenuhi, atau merokok yang mempunyai pengaruh besar pada produksi hormon pengatur kelenjar endoktrin.
  • Masa-masa yang tepat kapan sel telur keluar hanya berdasarkan perkiraan saja. Paling tidak, diperlukan ketelitian dalam mencatat paling tidak enam kali siklus haid. Ketika keluarnya sel telur diperkirakan dengan mengurangi tiga hari pada siklus pendek dan menambahkan tiga hari pada siklus terpanjang. Dari catatan tersebut dapat diketahui masa-masa yang aman dan ‘berbahaya’.

Pengukuran Suhu Basal

Pengukuran Suhu Basal
©recettepro.info

Hanya dengan memasang termometer pada suatu tempat secara tetap yaitu di bawah lidah atau dimasukkan ke dalam dubur. Jangan di ketiak karena bisa saja terjadi penyimpangan.

Baca juga:  Kewajiban Anak Di Rumah Yang Perlu Orang Tua Ajarkan Ke Putra-putrinya

Tingkat keakuratannya mencapai 80% yang penting dilakukan dengan cara teratur pada jam-jam tertentu setiap hari sejak menstruasi bersih. Tepatnya setiap bangun tidur pukul 6 pagi sebelum turun dari tempat tidur, lakukan pengukuran sambil berbaring selama lima menit. Jika tubuh telah melakukan gerakan, banyak energi dan keringat yang keluar sehingga bisa saja berpengaruh pada suhu tubuh. Dianjurkan juga tidak makan apapun apalagi merokok.

Beberapa suhu setiap harinya mesti dicatat secara rapi agar dapat dipantau. Jika hasil pendataan menunjukkan grafik mendatar, itu artinya sedang masa tidak subur. Namun pada masa tertentu, grafik tersebut tiba-tiba mengalami perubahan tajam.

Penyebabnya adalah hormon estrogen, hormon kelamin yang mengatur kewanitaan dan juga menjaga ciri-ciri kewanitaan yang pada dasarnya meningkatkan suhu tubuh. Dengan kondisi seperti itu, peningkatan jumlah estrogen dengan sendirinya juga meningkatkan suhu tubuh.

Nah, pada saat ada perubahan grafik dari yang sebelumnya mendatar kemudian menjulang tinggi, itu artinya kadar estrogen sedang mengalami peningkatan. Dengan kata lain saat itu sedang terjadi pelepasan sel telur atau masa subur telah tiba. terutama jika memang tidak disertai dengan tanda-tanda infeksi lain.

Grafik peningkatan suhu tubuh ini akan mengalami penurunan kembali seiring dengan berlalunya masa-masa subur hingga tiba siklus haid selanjutnya. Sementara itu kalau grafik suhu tetap tinggi hingga tiga pekan, sementara wanita tersebut tidak sedang menderita flu, itu adalah ciri-ciri hamil.

Lendir Kesuburan

Lendir Kesuburan
©aura.co.id

Lendir kesuburan diproduksi wanita pada masa-masa tertentu dalam jangka waktu yang terbatas. Yaitu ketika mendekati masa sel telur akan melepaskan diri dari indung telur. Waktu dan jumlah produksi lendir kesuburan berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya.

Baca juga:  7 Cara Memijat Bayi Pada Bagian Punggung Dan Perut Yang Aman

Wanita yang sedang mengalami masa subur dapat menghasilkan waktu subur selama lima hari. Sementara itu mereka yang kurang subur atau sulit hamil jumlahnya lebih sedikit lagi, masa lendir kesuburan hanya sampai beberapa jam saja. Wanita-wanita inilah yang perlu benar-benar cermat dalam mengamati produksi lendir kesuburan kalau ingin hamil.

Pada saat masa subur, lendir mempunyai sifat yang sangat elastis sehingga saat ditarik pun seolah tidak ada habis-habisnya karena tidak terputus. Kalau dilakukan pemeriksaan di bawah mikroskop, lendir akan memperlihatkan gambaran mirip pohon pakis atau pohon cemara. Kebanyakan orang yang melihatnya sulit untuk memberikan penilaian kesuburan dengan cara ini.

Itulah mengapa sehingga tidak mengherankan mengapa efektivitasnya hampir sama dengan sistem kalender jika tidak dibantu dengan alat yang memakai peralatan lainnya. Penting untuk diingat bahwa kehadiran lendir kesuburan sifatnya hanya sementara dan tidak terjadi sepanjang siklus haid, tidak gatal dan sama sekali tidak berbau.

Mengetahui Masa Subur Lewat USG

Mengetahui Masa Subur Lewat USG
©jurnalibuhamil.blogspot.co.id

Wanita yang siklus haidnya tidak teratur bisa melakukan pemeriksaan USG serial. Dari pemeriksaan tersebut bisa dilihat kelenjar telur, perkembangan terbentuknya sel telur hingga sel telur matang dan akan keluar (evulasi).

Dengan cara pemeriksaan USG, hanya dalam waktu dua hingga tiga hari dapat diukur siklus haidnya, taggal haid, dan tanggal mulai terjadinya evulasi. Perkembangan ini akan terus dipantau, dari sel telur sampai menghilang.

Jika telah diperoleh ketika terjadinya pembuahan, secepatnya dilakukan pendataan pada hari ke berapa masa subur tersebut terjadi, dihitung dari hari pertama menstruasi.

Nah, demikianlah cara mengetahui masa subur wanita, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar